Jumat, 21 November 2008

KERJA KERAS


Seorang dokter medis memilih mendapat penghasilan sebagai seorang employee, sebagai pegawai di rumah sakit besar milik pemerintah. Tentu dia dapat gaji tetap sebagai pegawai negeri sipil. Dokter ini juga bisa memutuskan memperoleh penghasilan sebagai seorang self employee, pekerja lepas, dan membuka praktek pribadi, mendirikan kantor, menyewa pegawai, dan membuat daftar klien pribadi.
Atau dokter ini bisa merangkap menjadi sorang business owner (pemilik usaha), memiliki sebuah klinik atau laboratorium dan mempekerjakan dokter lain sebagai stafnya. Dokter ini mungkin akan menyewa seorang manajer bisnis untuk menjalankan organisasai usahanya. Dengan demikian, ia adalah pemilik bisnis itu tapi tidak perlu ikut bekerja. Dokter ini juga bisa memutuskan memiliki bisnis yang tidak berkaitan dengan bidang medis, sementara masih melakukan praktek kedokteran di tempat lain.
Sang dokter energik ini juga bisa memperoleh penghasilan dengan menjadi investor dalam bisnis orang lain, real estate misalnya.
Singkat kata seseorang bisa bekerja keras memperoleh penghasilan dari keempat kuadran, kuadran E (sebagai Employee), kuadran S (self employee), dan kuadran B (business owner), serta di kuadran I (sebagai Investor).
---------------------------------
(disadur oleh Muhammadun dari buku Cashflow Quadrant karya Robert T. Kiyosaki )

0 komentar:

 

Makalah Motivasi Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template